Minggu, April 12, 2009

Estetika Plato

PLATO
(427-347 BC)


  • Sumber keindahan adalah cinta kasih, cinta yang dimaksud di sini adalah cinta yang diperoleh dengan mengosongkan diri.
  • Menurut Plato keindahan hendaknya didahului dengan cinta, cinta di sini adalah pengosongan diri sehingga subjek benar-benar dapat mencintai benda yang indah.
  • Timbulnya rasa cinta pada keindahan adalah akibat pendidikan. Proses tertanamnya rasa cinta pada keindahan itu dapat diuraikan sebagai berikut : · Pada awalnya orang dididik untuk mencintai keindahan nyata yang tunggal, misalnya keindahan tubuh seorang manusia. · Kemudian, dia dididik untuk mencintai tubuh yang lain, sehingga tertanam hakikat keindahan tubuh manusia. · Keindahan tubuh yang bersifat rohaniah itu lebih luhur daripada keindahan tubuh yang sifatnya jasmaniah. · Keindahan rohaniah dapat menuntun manusia mencintai segala yang bersifat rohani pula, misalnya ilmu pengetahuan. · Akhirnya, manusia harus dapat menangkap ide keindahan itu sendiri tanpa kaitan yang bersifat jasmani.
  • Ada 4 macam keindahan : 1. Keindahan jasmani 2. Keindahan moral 3. Keindahan akal 4. Keindahan mutlak
  • Semua keindahan di dunia ini merupakan imitasi, peneladanan, pembayangan, peniruan yang disebut “ Mimesis ”. Mimesis bukan peniruan biasa, tetapi sebuah daya representasi yang timbul sebagai akibat kesempurnaan karya sehingga timbulah kegairahan. Menurut Plato, karya seni hanya dapat meniru kenyataan, dengan konsekuensi logis karya seni berada di bawah kenyataan. Tapi karya seni yang sungguh-sungguh selalu berusaha untuk mengatasi kenyataan.

5 komentar:

lili_art mengatakan...

Hmmmmm......cinta memang segala-galanya bagi smua orang, tapi harus dipertanyakan, "CINTA" yang bagimanakah...????!!!!

sudden death mengatakan...

Apakah yg tidak indah dari dunia ini?

semuanya indah!!!!!apalagi penciptanya yang maha indah...

Zeta Aqila mengatakan...

ada yang indah dari suatu yang tak indah dan ada yang tak indah dari duatu yang indah.

lek ra percoyo,,,yo monggo amatono..!!!

hanya satu yang mutlak keindahannya
yaitu ALLAh SWT

Unknown mengatakan...

Plato memang seorang pemikir estetika yang tinggi... :)

Thanks for share...

Serpihan Aksara mengatakan...

Bagaimana caranya mengosongkan diri?

Posting Komentar

Silahkan tulis apa yang anda pikirkan terkait tulisan-tulisan saya