Jumat, April 10, 2009

BOCAH OBSESIF TAK TAHU DIRI


Gua mau curhat nih….yah….lu semua mungkin gak bakal terlalu peduli….karena lu pasti lagi banyak masalah juga….ehm…gua males kuliah nih….masih gua cari-cari sebabnya….ada banyak kemungkinan….bisa aja gua terganggu karena masalah ekonomi ato cewek ato kesehatan ato emang gara-gara gua ini bego mutlak dan masih banyak ato-ato yang lain...…gak ngerti pokoknya…tapi lama-lama gua mulai punya jawaban lain atas semua ini….

Lu pasti pernah kecil kan ?? ato jangan-jangan lu sekarang juga masih kecil ?? ha3x…bercanda….nah…pas lu kecil lu pasti punya cita-cita kan ?? ya setidaknya kalo lu ditanya ortu lu ato guru TK lu “ NANTI KALAU SUDAH BESAR ADEK MAU JADI APA ? “ setidaknya dulu lu punya jawaban buat pertanyaan itu kan ? setahu gua sih yang paling laris dijadiin cita-cita itu ya DOKTER !! anak kecil aja udah tau kalo kita ini emang butuh banyak dokter, karena emang masyarakat kita doyan sakit, tapi anak kecil kagak tau kalo mau jadi dokter itu biaya kuliahnya mahal !! yang kedua adalah PRESIDEN !! nah kalo yang ini gak tau deh apa sebabnya, mungkin anak kecil gak ngerti kalo jadi presiden itu repotnya minta ampun…tekanan batin…..gini salah, gitu salah….eh tapi gini salah gitu salah itu kok kayak anak kecil ya ?? kita dulu pas masih kecil kan salah mlulu…jadi mungkin anak kecil juga udah ngerti kalo jadi presiden itu gampang aja, cukup ngrasa kayak anak kecil aja.Hehehe….terserah lu deh mau jadi apa…

Nah…itu cuma contoh cita-cita yang sempat diucapin dimasa kecil….tapi lu tau kan kalo cita-cita itu gak mesti diucapin….kadangkala cita-cita itu tercermin dari sikap kita yang obsesif pada sesuatu….nah ini yang mau gua certain ke lu semua…

Gua dulu gak pernah bisa jawab kalo ditanya cita-cita…bingung….tapi setelah gua ingat-ingat sejak kecil gua ternyata udah punya obsesi….yaitu : JADI ORANG SAKTI !! pokoknya dalam pikiran gua waktu itu kalo udah sakti itu bisa ngapain aja…lari secepat angin, jalan di atas air, terbang, ngalahin musuh pas berantem (nah, yang ini penting, mungkin karena dulu gua kalah mlulu kalo berantem, badan gua mungil sih…jadi menurut gua solusinya cuma satu…..HARUS SAKTI !!) aduh…gua dari kecil emang udah rada error….

Nah yang namanya obsesi itu kan kudu dikejar…gua juga begitu…hhmmm awalnya gua nyari cara gimana biar dapet ilmu-ilmu yang bisa bikin gua sakti…gua pikir-pikir…..lama….

KETEMU !! gua harus nyari buku !! nah kebetulan tetangga gua ada yang jualan buku keliling….n suatu kali gua pernah liat buku yang dia jual…buku silat !! jitu juga kan pilihan gua?? nah suatu pagi gua udah mogok masuk sekolah gara-gara minta dibeliin buku itu….udah beberapa hari gua minta tapi gak dibeliin….karena ortuku mikir itu gak penting !! tapi gua ngotot n ngancam gak mau masuk sekolah kalo gak di beliin….akhirnya gua dikasih duit buat ngebeli tuh buku, gua masih ingat harganya 750 perak….ha3x….gua belinya pagi-pagi sebelum berangkat sekolah. Mulai saat itu buku itu jadi sahabat setia gua, buku warna ijo yang disampulnya bergambar orang lagi nendang itu gua bawa kemana-mana sampai lecek….lumayan….paling tidak dengan ngebawa buku itu kemana-mana temen gua yang ngliat jadi ngeri duluan sama gua Hehehe…..

Tapi lu tau gak ? gua kesulitan ngapalin jurus-jurusnya…..pusing !!!! akhirnya gagal deh jadi pendekar….mau jurus kayak apa tetep juga tenaga gua letoy….gua harus nyari cara lain….akhirnya gua nyari buku lain…yang masih berhubungan sama obsesi gua….

KETEMU !!!! gua dapet buku ILMU KADIGDAYAAN, yang nulis Ki Wongso Panji Indrajit, wah gua semangat abis…..gua baca dengan seksama tuh buku…isinya tentang melatih pernafasan n konsentrasi….gak banyak cingcong langsung mulai gua praktekin deh semua petunjuk di buku itu….hhmmm pertama : KONSENTRASI….waduh…gua kira gampang ngosongin pikiran…ternyata susah !!!! karena gua ternyata gak bisa ngilangin pikiran gua kalo gua ini pengen jadi orang sakti !!!! gua gak bisa konsentrasi….sialan !! terus gua baca lagi bab yang rada belakang, ada petunjuk yang nerangin kalo harus nglatih konsentrasi di sungai tengah malem gitu….waduh…ngeri….lemes deh gua…ilmu yang satu ini terlalu berat buat gua….akhirnya gua putusin buat nyari yang instant aja……

KETEMU !!!!! ah jalan gua selalu dimudahkan sama Tuhan…..gua nemu buku PRIMBON JAPA MANTERA…..warnanya item….wah gua pikir ini cara yang paling tepat…praktis….gua buru-buru baca mantera-mantera yang tertulis dalam buku…tapi gua lemes lagi karena di bawah mantera-mantera itu ada syarat-syarat yang harus dilakuin…yang paling umum itu ya puasa…rata-rata 3 hari trus dilanjutin pati geni (memadamkan hawa nafsu) sehari semalam….wah berat….tapi gua masih belum mau berhenti….gua buka-buka tuh buku….tujuan gua : nyari mantera yang syaratnya ringan….yang gak usah pake acara puasa-puasa segala ( lha pas itu gua kan masih kecil, puasa Ramadhan aja masih setengah hari…harap maklum. Hehehe…)

KETEMU !!!!! ternyata ada juga beberapa mantera yang gak pake syarat berat…cukup dibaca aja saat diperlukan, siiiiiiplah....!!gua udah hampir jadi orang sakti !! tapi lagi-lagi gua harus kecewa…mantera-mantera yang bersyarat mudah itu ternyata mantera-mantera “tidak bermutu” yang digunain buat menarik lawan jenis, trus buat bikin musuh kita takut….gua kagak suka, pas itu gua gak butuh menarik lawan jenis…trus gua gak pengen musuh gua jadi takut duluan sama gua…gak jadi berantem donk !! yang gua mau itu gua bisa ngalahin musuh gua pas berantem…lu ngerti kan maksud gua ???

Ah…..gua gagal jadi orang sakti…..nah…bokap gua tuh tau juga akhirnya kalo gua senewen pengen jadi orang sakti….bokap bilang sama gua “ orang sakti itu bukan orang yang bisa ngalahin orang lain, tapi orang sakti itu orang yang tidak pernah menyebabkan orang lain ingin menyakitinya, karena kebaikan hatinya pada semua orang “ udah deh…sejak saat itu gua insyaf…gua behenti bermimpi jadi “orang sakti” hehehe……

Nah……jangan-jangan sebenarnya cita-cita gua adalah jadi orang sakti….makanya sekarang gua males ngapa-ngapain itu mungkin karena yang gua lakuin sekarang ini bukan dalam rangka mengejar cita-cita gua….karena cita-cita gua udah kandas sejak lama…..ah entahlah….gua juga terpaksa critain hal ini ke lu semua…biar lu nyadar n lu kagak sembarangan bercita-cita….ntar lu bisa pusing kayak gua…..



8 komentar:

Zeta Aqila mengatakan...

HALAH2..........CERITA LO DIATAS, g nunjukin klo lo cita2 lo dah kandas. justru sekarang lo dah sedikit dapatkn, lo bilang lo mau jadi orng sakti,,,,nah orang sakti tu, punya gaya pikir dan pandang berbeda ama orang awam(contoh mudah gue aja). lo bisa jadi trendseter, punya gaya khas yang munkn orang lain pada g phm tentang lo...tapi inget,,, adakalanya kita gunain kesktian dan adakalanya kita tidak menggunakannya.....dadi ojo sekti ters, yo pisan-pisan dadi wong ra sekti. pora yo ngono...

Unknown mengatakan...

Yo is

Unknown mengatakan...

spa lu

sudden death mengatakan...

duniamu bkan duniaku....sakti n g sakti semua sama saja,tak ada yang berbeda dlm sgala penciptaan...dan semua itu bukan tujuan.Diakhir nanti kita smua akan"mampus" dan tu adalah sebenar2nya tujaun...hidup untuk mati!!!!!!

lili_art mengatakan...

Boleh dunk nambah pemikiran....
yang namanya manusia normal ntu harus punya cita-cita man...kalo kagak, tyus ngapai kita hidup..???!!!!!!!!! inget dunk, tidak ada ciptaan yang sia2....yang penting adalah, bagaimana kita bisa menetukan cita2 (tujuan) dalam hidup.....
kalo maslah sakti-saktian, saya setuju kalo kita harus SAKTI......(maknailah dengan bijak man..)

sudden death mengatakan...

klo cuma skti tu gampang,mslahnya klo uda sakti paling jago,no 1,g trkalahkan mau ngapain?????
sehebat-hebatnya,setinggi-tingginya,sebesar-besarnya cita-citamu dan semua usaha yg kamu lakukan gk akan pernah bisa menembus kuatnya dinding takdir...ibarat sehebat-hebatnya/sesakti-saktinya manusia gk akan pernah bisa menembus bumi dan melangkahi gunung....!!!yg menentukan sia-sia ato gk bukan urusan ciptaan tu urusan yg menciptakan...."pencipta menguasai penuh atas ciptaannya" atau "sebuah keramik terserah tukang/pekerjanya mau dipasang dimana keramik itu.Mau dikamar mandi,teras,kamar anak,ato yg laen apa keramik itu protes???kalaupun keramik itu bisa ngomong terus protes apa jg didengerin???bisa-bisa kalo msh ngeyel g mau dipasang akhirnya pecah malah dibuang g dipake...
apa definisi dr bijak itu sndri???

lili_art mengatakan...

justru itu, kalo menurut saya jadi orang sakti ntu kagak mudah (kalo tidak bisa dikatakan sulit)......butuh perjuangan fisik n nonfisik...
Jadi orang sakti, tidak berarti jadi orang JAGO...tidak harus mengalahkan orang lain, simple aja dech....(walau katanya justru paling gak simple/rumit)..bagaimana kita bisa menguasai diri/nafsu kita sendiri..!!!
Kalo bicara takdir...harus kita sadari bahwa pada hal-hal tertentu kita bisa "menentukan takdir kita sendiri" karena kita sangat beda ma keramik...kita diberikan hak n kuasa didalam menentukan arah/pilihan, dan lagi kita bisa mengatakan takdir apabila sesuatu sudah terjadi, sebelumnya adalah pilihan2 dengan segala konsekuensinya....
ini hanya pemikiran saya, harap masukannya..

sudden death mengatakan...

Sesuatu yg dikatakan seseorang sulit/gk mudah ato apalah definisi yg laen,itu adalah anggapan dari dirinya sendiri padahal ada orang laen yg bisa melakukannya,jadi dimana sulitnya???tu merupakan suatu contoh nyata bahwa pengibaratan ttng keramik bahwa tidak ada orang yang bisa menentukan takdirnya sendiri.Btuh prjuangan fisik/non fisik?kalu dkembalikan dlm penciptaan siapakah yang menggerakkan,memberi kekuatan,mengadakan keinginan untuk berjuang?
kalopun kita bisa merubah takdir kita sndri sebenarnya ya itulah takdir kita...bukan kita yg merubah takdir.sesuatu yg diadakan hakikatnya adalah tidak ada...sesuatu yg jd pilihan menjadikan seseorang berpikir,dimana berpikir memunculkan sebab akibat

Posting Komentar

Silahkan tulis apa yang anda pikirkan terkait tulisan-tulisan saya